Hanasaku Iroha [Anime review]

Leave a Comment
Karakter Utama Hanasaku Iroha

Judul : 花咲くいろは ~Hanasaku Iroha~/Warna Bunga Mekar
Episode : 26 (3 April 11-25 Sept 11)
Genres : Slice of Life, Comedy, Drama, School,
Producers : P.A. Works
Rating

: 8.05 MAL
My Rating : 9.0 of 10

Sinopsis :

Ohana dikirim oleh ibunya untuk tinggal bersama neneknya yang berada di sebuah kota kecil bernama Yunosagi. Neneknya memiliki sebuah penginapan air panas benama Kissui. Ohana mengira dirinya dilatih untuk menjadi penerus penginapan Kissui dan berharap neneknya adalah seorang yang baik. Namun semua dugaannya salah, neneknya adalah seorang yang keras dan menjadikannya sebagai pekerja di penginapan tersebut. Pada awalnya Ohana tidak menyukainya, namun ia memutuskan untuk tetap tinggal di Kissui dan tetap berusaha. Selama di Kissui hidup Ohana akan dipenuhi oleh perasanaan senang, sedih dan juga cinta.

***Warning ~Mengandung Spoiler~***

 

Review :

Untuk masalah graphic nggak perlu diraguin lagi, karena Proggressive Anime (P.A.) Work selalu membuat anime dengan graphic yang tinggi. Saya benar-benar merasa dimanjakan dengan detail graphic yang tinggi. Ditambah lagi dua openingnya dinyanyikan oleh nano.RIPE. Saya sendiri sebenarnya baru mengenal nano.RIPE di anime Hanasaku Iroha ini dan menjadi pengagumnya sampe sekarang, total udah lebih dari 40 lagu yang saya punya. Hanya saja, saya menyayangkann anime ini nggak ada BDnya, saya hanya punya yang 720px saja, mungkin akan lebih puas jika nonton dengan versi blueraynya.

Hanasaku Iroha merupakan salah satu anime favorit saya. Hanya tentang kehidupan sehari-hari memang, tapi saya suka jalan ceritanya yang begitu simpel namun penuh makna. Banyak hikmah yang bisa diperoleh dari setiap episodenya. 


Ohana
Cerita utama dalam anime ini ialah menceritakan kehidupan sehari-hari Ohana dan teman-temannya selama di bekerja di penginapan kissui. Dimana ia harus bekerja dengan peraturan yang ketat dan harus mengutamakan kepentingan tamu. Dalam anime ini juga terselip kisah cinta namun tidak terlalu di tonjolkan ceritanya. Entah kenapa, saya juga menyukai kisah cinta disini, tidak terlalu dibuat-buat atau lebay. Lebih mengarah kegalauan Ohana apakah ia memilih cinta atau bekerja di Kissui karena pria yang disukai Ohana tinggal di Tokyo.

Sebenarnya (menurut saya), konflik utama dalam Hanasaku Iroha ialah konflik antara tiga orang, yaitu Ohana, Ibunya dan Neneknya (pemilik penginapan kissui). Ibu Ohana (Satsuki) tidak akur dengan Neneknya (Shijima Sui) karena Satsuki kabur dari rumah demi menikahi laki-laki yang disukainya (penjelasannya ada di Hanasaku Iroha Movie : Home Sweet Home). Selain itu, selama masa muda, Satsuki selalu melawan Shijima Sui karena merasa dirinya tidak diberikan kebebasan. Padahal, Shijima Sui ingin Satsuki lah yang menjadi penerus pemilik penginapan.

Dengan kata lain, Shijima Sui mengasuh Satsuki dengan cara keras, hasilnya Satsuki kabur dari rumah dan jadi anak yang pembangkang. Satsuki mengasuh Ohana dengan memberikan kebebasan, hasilnya Ohana jadi anak yang rajin dan penurut -___-" 

Ohya nanti ada bagian nyesek loh, saat Satsuki harus nulis artikel buruk di majalah tentang penginapan kissui. Tapi sebenarnya......(tonton sendiri lah)



Selain konflik diatas cerita ini lebih banyak mengisahkan tentang kehidupan Ohana bersama teman-temannya. Saya suka hubungan antara Ohana, Nako, Minko dan Yuina. Nako orangnya pemalu, terkadang Ohana susah komunikasi dengan Nako, Minko keras, berapa kali Ohana harus berantem sama Minko, ya karena cowok yang disukain Minko suka sama Ohana walau ngga dikasih tau langsung tapi tersirat kisahnya. Nah Yuina ini cucuk dari pemilik penginapan fukuya, pengipan besar deket penginapan kissui yang lebih kecil. Tapi disini mereka ngga musuhan, bahkan Yuina sering bantuin Ohana. 

Ya intinya sih di Anime Hanasaku Iroha nggak ada yg bener-bener musuh-musuhan atau karakter yang jahat banget. Bahkan bisa dibilang nggak ada karakteri jahatnya di anime ini. Semua karakter nunjukkin untuk melakukan yang terbaik dalam hidup mereka. Juga, ada beberapa episode yang bener-bener sedih, ga sampe bikin nangis sih cuma tersentuh aja.

Paling suka episode 25, saat impian Ohana tercapai, yaitu melihat dia, ibunya dan neneknya bisa bekerja bersama di penginapan lagi :D Dan paling sedih liat di episode terakhir :(
*soalnya  abis animenya.


"Impian itu memang kita yang menentukan tapi ada banyak orang yang dapat menunjukkan jalannya" - Ohana Quote
"Kalau kita sendiri tidak bahagia, maka kita tidak akan dapat membuat tamu bahagia" - Shijima Quote


All Char except Yuina


Satsuki, Shijima, Ohana


Bonbori Matsuri


 
Ohana Quote



Kesimpulannya, Hanasaku Iroha salah satu anime yang memang bagus menurut saya. Saya cukup heran dengan rating Hanasaku Iroha di MyAnimeList (MAL) cuma 8,05. Rating segitu udah cukup bagus emang, tapi menurut saya lebih wajar jika Hanasaku Iroha bisa mendapat rating 8,3 keatas di MAL. Selain karena ceritanya yang simpel, begitu banyak hikmah yang bisa dipetik dari anime ini.

udah dulu deh reviewnya, ohya saya nonton anime ini pertengahan 2013 kalo ngga salah dan sempet mengulang beberapa kali. Nanti kapan2 dibuat deh review Hanasaku Iroha Movie : Home Sweet Home
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar dan Saling Menghargai dalam Berkomentar :)