Sakurasou No Pet no Kanojo [Anime Review]

1 comment
Ah karena males, ya emang sering males sih jadinya jarang ngeblog :D
kali ini mau review lagi anime yang udah lama ditonton tapi baru nonton lagi dua hari ini.


Informasi :

Judul : さくら荘のペットな彼 / Sakurasou no Pet na Kanojo / Wanita Peliharaan di Sakurasou
Episodes : 24 Eps (9 Okt 2012 - 26 Maret 2013)
Genres : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Studio : JC Staff
Rating Mal : 8,46 (per 20 Apr 15)
My Rating : 9,5/10

Sinopsis :

Kanda Sorata harus meninggalkan asrama reguler dan tinggal di asrama sakurasou yang terkenal dengan siswa buangan SMA SUI karena memelihara kucing. Di Sakurasou ia menemukan banyak siswa aneh namun menakjubkan. Salah satunya adalah Shina Mashiro, wanita luar biasa yang digadang akan membukukan sejarah dari lukisannya. Namun dibalik kejeniusannya dalam melukis, Shina Mashiro tidak dapat mengurus dirinya sendiri, akhirnya Kanda Sorata lah yang mengurus Shina Mashiro.


Warning! Mengandung Spoiler

Review :

Gue nonton anime ini tepat saat sedang ditayangkan waktu itu atau masa-masa gue baru mengenal anime musiman seperti ini. Jujur saja, awalnya gue nggak suka sama anime ini. Soalnya pas awal-awal ada adegan agak mesum dan ngiranya anime ini anime genre echi. Lagian, waktu itu gue belum tahu situs MAL jadi gue ngga tau genre sebenarnya anime ini. Ya akhirnya gue sempet ngeskip sekitar 10an episode untuk nonton anime ini, tp tetep download.

Balik lagi ke review,

Gue suka anime ini, sangat suka. 
Banyak hikmah yang di dapat dari anime ini. Kalian bisa ngerasain indahnya persahabatan, sakitnya saat sudah berjuang mati-matian namun tetap gagal disaat yang bersamaan ada orang yang berhasil walaupun tidak perlu berjuang.

Cerita anime ini menurut gue ringan namun juga kompleks (ngga konsisten ya). Ringan soalnya tentang kehidupan sehari-hari yang mungkin kita alamin juga, dibalut dengan komedi, persahabatan, perjuangan mencapai cita-cita, dan juga cinta makanya gue bilang kompleks. Salah satu alasan gue suka anime juga karena ceritanya ga gantung. gue juga menikmati tiap episodenya, ngga ada yang bikin keki dan nggak perlu ngeskip-skip atau cepetin episodenya :D

Seperti yang sudah dijelaskan di sinopsis, Sakurasou itu adalah asrama untuk siswa-siswa buangan. Dengan kata lain, jika ada siswa yang masuk Sakurasou maka siswa itu akan di cap sebagai siswa nakal. Namun faktanya berbeda, Sakurasou awalnya dibentuk untuk siswa jurusan seni agar bisa mengembangkan bakatnya saat menyendiri karena pada asrama reguler seorang siswa akan tidur sekamar berdua. Fakta lainnya, Sakurasou ternyata ditempatin oleh orang-orang hebat bukan siswa buangan. Kelima penghuni asrama itu berbagi berbagai kisah satu sama lain dan berkarya. Mereka bahkan merasa lebih bahagia saat di asrama reguler, mereka juga sudah anggap penghuni Sakurasou kaya keluarga.

Ayo kita bedah secara detail. Karakter utama disini ada 6 orang, yaitu :
1. Kanda Sorata 
Mungkin dia adalah karakter paling utama di anime ini, hampir semua kejadian ngelibatin dia. Cita-cita dia ingin menjadi pembuat games, makanya beberapa kali dia ikut lomba desain games. Dia sering gagal, sering ingin menyerah, namun akhirnya dia ngga jadi menyerah sama impiannya untuk jadi pembuat games. Ya dia juga yang bakalan jadi tokoh utama dibalik cinta segitiga antara Aoyama Nanami dan Shiina Masiro.

Sorata ga ada keahlian spesial kaya penghuni lainnya. Makanya dia depresi banget ketika dia udah berusaha mati-matian untuk bisa lolos kompetisi desain games tapi gagal mulu sedangkan ada orang lain yang ga usaha apa-apa malah lebih sukses. Intinya sih kaya pertarungan antara usaha melawan bakat lah.
"Aku suka melihat orang berjuang keras demi impiannya" - Kanda Sorata

2. Shiina Mashiro 
Shina Mashiro ini karakter yang suka bikin ketawa disini. Dia itu polos, tapi justru karena dia yang terlalu polos berapa kali buat gue ketawa liat tingkah lakunya. Tapi jangan salah, dia digadang-gadang sebagai pelukis hebat yang bisa norehin sejarah. Sayangnya dia beralih profesi jadi mangaka. Cerita manga Shina diambil dari kehidupan sehari-hari penghuni Sakurasou, makanya beberapa kali dia melakukan percobaan sama Kanda Sorata.

Sebenernya, Shiina agak freak sih menurut gue , karena dia hampir ngga bisa melakukan apapun selain melukis dan gambar manga.  Bahkan pake baju, celana dll aja dia nggak bisa. Ulangan dapet 0 semua, bahkan untuk bahasa inggris juga dapet 0 padahal dia tinggal di Inggris.


Shiina dikenal juga sebagai penghancur hidup seseorang. Itu kata sahabat baiknya di Inggris yang juga pelukis, Rita. Soalnya, Rita selalu berjuang melukis tapi nggak pernah sebagus Shiina, dulu juga ada berapa puluh orang dikelas melukis di Inggris, semuanya keluar karena merasa mereka nggak bisa melukis sebanding dengan Shiina. Sorata juga beberapa kali ngerasa begitu, dia ngerasa usaha kadang nggak bisa kalahin orang yang berbakat kaya Shiina.


Diakhir acara, akhir anime maksudnya, Shiina nunjukin kalau dia udah jadi lebih dewasa dan bisa menginspirasi orang, eh di tengah juga ding. Suka banget pas scene Sorata lagi depresi karena desain games dia gagal, si Shina ngelompat tepat waktu kembang api nyala. Bagi gue maknaya dalem kalo dihayatin, intinya sih Shina nunjukin kalau kita itu tetep harus melangkah maju apapun yang terjadi.

"Jangan pernah berhenti berlari, Sorata" -  Shina Mashiro

3. Aoyama Nanami

Walaupun gue suka sama Shina karena kawai banget, tapi dari segi karakter gue suka sama Aoyama. 
"Lalu untuk apa perjuanganku selama 2 tahun ini? Apakah semua sia-sia? Disaat orang lain bersenang-senang, aku bekerja, disaat orang lain pergi ke karaoke aku mengumpulkan uang untuk bisa ikut les kelas pengisi suara, tapi mengapa aku selalu gagal sedangkan ada mereka yang berhasil tanpa melakukan apapun" - Aoyama Nanami
Bukan qoute mutiara kok, itu cuma ucapan dari Aoyama sama Sorata dibawah ujan depan pohon sakura (romantis amat ya) saat dia gagal ujian seiyuu (pengisi suara) gagal untuk kedua kalinya. Dia bilang begitu karena dia kecewa udah berjuang mati-matian tapi masih gagal.

Nah itu alasan gue suka sama karakter Aoyama, pekerja keras. Malu rasanya gue sama Aoyama, dia sampe berjuang mati-matian untuk bisa ngeraih impiannya, gue yang untuk makan, minum, jalan-jalan, sekolah, kuliah yang udah tinggal masuk aja kadang suka males, kadang suka ngeluh. Ya namanya juga manusia, tp mudah-mudahan jadi ngga gampang ngeluh lagi, kalian juga ya :D *sokbijak


Betewe, dia suka sama Sorata. Ya karena Sorata itu baik banget bagi dia. Cuma dia harus ngalah sama Shina karena dia tahu kalau Sorata kayanya lebih suka sama Shina. Ah gue juga kalau jadi Sorata bakal bingung mau milih Aoyama apa Shina. *mulaingayal


Eh gue juga suka gaya ngomongnya Aoyama, bagi yang sering nonton anime/dorama kaya gue pasti ngeh sama logat-logat Jepang, dia sering banget ngomong pake logat kansai (Osaka tempat kelahirannya Aoyama). Kocak lah sama logatnya.




4. Kamiigusa Misaki

"Jin, lihatlah diriku!!"

Itu sepotong kalimat dari Misaki. Di anime ini nunjukin perjuangan si Misaki untuk bisa ngedapetin Mitaka Jin, salah satu penghuni Sakurasou yang juga temen masa kecilnya Misaki.


Biasanya dalam sebuah grup pertemanan ada satu dua orang yang rame, nah karakter Misaki disini tuh jadi orang yang rame itu. Dia kayak pelopor kegiatan apapun di Sakurasou. Kalo gue ketawa mulu sama polosnya Shiina, nah gue ketawa mulu sama bawelnya Misaki. 


Kamiigusa Misaki itu kayak kebalikan dari Shina untuk masalah sifat, namun untuk masalah ngegambar dia ga kalah dari Shiina.Ya mungkin kalah dalam hal lukisan. Nggak kaya Shina yang agak bodoh (sebenernya pinter sih), Misaki ini pinter, dia bahkan waktu smp dapet nilai paling tinggi di sekolahnya, dia juga jago gambar makanya dia udah terkenal dengan anak yang memulai produksi anime. Makanya dia dikenal juga dengan alien, karena kemampuannya diluar kemampuan orang lain.


Ya walaupun kayanya karakter dia sempurna banget, tapi banyak hal sedih banget didalemnya. Apalagi pas episode 23, dimana dia lagi kasih pidato kelulusan, serius deh gue hampir nangis, hampir ya.



"Impianku adalah melihat semua kamar di Sakurasou terisi penuh dan akhirnya itu terwujud saat ini" - Kamiigusa Misaki
"Dimusim dingin, kami berselisih satu sama lain, Langit yang melewati Sakurasou tidak selalu cerah. Ada kalanya saat kami ingin lari atau menyerah dari kenyataan, tapi itu hanya karena hujan yang turun yang membuat bibit emosi kami tumbuh dan membuat bunga persahabatan lebih dalam dan bermekaran" - Kamiigusa Misaki

5. Mitaka Jin

Gimana ya ungkapin yg satu ini, dia itu playboy, punya banyak pacar bahkan yang udah nikah. Jin temen masa kecilnya Misaki, dia juga yang nulis naskah anime Misaki. Cuma, Misaki suka nggak puas dengan naskahnya Jin, makanya dia mau kuliah di Universitas Osaka yang terkenal dengan sastranya.

Dibalik dia yang playboy, sebenernya dia itu cinta sama Misaki dari dulu, cuma dia nggak tau gimana cara ungkapin perasaannya, dia juga ngerasa ga cocok sama Misaki yang terkenal pinter banget sedangkan dia aja kalo buat naskah anime untuk Misaki, Misakinya suka nggak puas, ya walaupun Misakinya nggak bilang kalau naskah Jin jelek sih.


Gue suka banget sama quotenya dia,

"Justru karena aku sangat mencintainya, aku tidak bisa melupakan impianku dan menjadi pria yang tak berguna" - Mitaka Jin

6. Akasaka Ryuunosuke

Kalau Kalian anggep dia itu cewek, maka kalian salah besar. Dia itu cowok, mirip cewek sih apalagi di dandanin begini -_-

Akasaka ini hikikomori (sebutan bagi orang yang penyendiri di Jepang). Dia ngga terlalu peduli sama orang lain, dia cuma peduli sama dirinya dan kerjaannya.

Nah, dia juga salah seorang jenius yang juga tinggal di Sakurasou. Dia programmer handal yang bahkan udah kerja di banyak perusahaan besar. Dia juga ngembangin aplikasi maid-chan sebagai teman dia yang juga bisa interaksi sama orang-orang kalau dia lagi sibuk.

Ya sama kaya yang lain, dibalik kehebatan dia, ada kisah sedih juga. Saking pinternya dia, makanya dia jadi nggak punya temen. Dulu waktu smp dia punya temen sekolompok yang buat program barengan sama dia, cuma karena kemampuan dia ga bisa diimbangin sama temennya, maka dia dijauhin sama temen-temennya dan akhirnya dia milih jadi hikikomori.
"Cinta itu hanya sebuah kesalahan dari sirkuit saraf manusia. Kau bisa buang perasaan itu ditempat sampah itu" - Akasaka Ryuunosuke
"Apa menurutmu persahabatan yang kau sebutkan itu sangat lemah yang akan hancur hanya karena 1 bangunan yang digusur? Jika memang rapuh seperti itu, maka tidak lama akan hancur" - Akasaka Ryuunosuke
Beberapa potongan anime sakurasou.


Akasaka, Rita, Shiina, Sorata, Aoyama, Kamiigusa, Mitaka
Salah satu episode yang gue suka, episode 12. Di episode ini mereka nampilin karya anak-anak Sakurasou yang buat games interaktif dengan penonton. Diatas cuplikan pas mereka berhasil ngejalanin games mereka dan penontonnya pada heboh

Gue suka sama judulnya, makanya gue screenshoot hehe. "Rumah adalah Sakurasou" ini pas udah mulai klimaks banget konfliknya. Jadi, Asrama Sakurasou mau dibongkar alasannya karena pihak sekolah takut mereka dituduh nyia-nyiain bakat melukis Shiina yang luar biasa, makanya mereka mau bongkar Sakurasou biar Shiina tinggal di asrama reguler dan melukis lagi.
Betewe, Sorata Playboy juga ya, dia meluk Shiina, meluk Aoyama juga -___-"
Disini adegan pas mereka lagi nenangin diri karena Aoyama dan Sorata gagal lolos kompetisi untuk kedua kalinya. Aoyama kompetisi seiyuu, Sorata kompetisi desain games.
Sorata : Siapa yang ingin kau masak?
Shiina : Kau?
Adegan diatas adalah best scene menurut gue. Haha tonton aja sendiri lah itu kenapa. 
Ini lukisan Shiina Mashiro untuk semua penghuni Sakurasou, ohya ada dua karakter cameo yg cuma tampil sebentar. Dia penghuni Sakurasou selanjutnya. Lupa namanya siapa, yg cewek itu peraih nilai tertinggi tes masuk Sakurasou, yang cowok itu mesum udah infonya gitu doang. 

Btw, Shiina ngebuat lukisan ini, lebih tepatnya tambahin dua orang anggota baru Sakurasou hanya beberapa menit loh (Nggak yakin gambar animenya cuma beberapa menit juga).





Ya sekian review dari gue.
Tadinya mau nambahin karakter pendukung yang sering muncul, cuma males ah nanti aja kalau niat lain kali :D

Intinya anime ini recommended lah untuk bisa diambil hikmahnya, ya walaupun ada beberapa adegan *niiitt*nya. Soalnya tentang indahnya persahabatan, cinta, dan juga meraih impian.  Cerita cintanya juga nggak muluk-muluk amat kok, malah gue kayanya bisa belajar dari si Mitaka Jin, yang "Memantaskan Diri" untuk orang yang dia cintai :D

Oke, gue mau memantaskan diri dulu deh :D

Waaait, mau kasih devianart Shina Mashiro.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. makasih buat reviewnya hehe jujur aku agak ragu mau download anime ini atau ngga.. tapi kayanya oke ...

    BalasHapus

Silakan Berkomentar dan Saling Menghargai dalam Berkomentar :)