Touring Jateng : Perjalanan 1500 KM Part I

Leave a Comment
Jadi, sekitar pertengahan Januari '13, gue dan kedua teman gue (Anjar dan Saba) ngerencanain jalan-jalan jauh. Awalnya sih bercanda bilang touring ke jawa tengah. Eh tapi, ternyata jadi serius. Inget banget ini direncanain di rumah anjar, waktu itu lagi nginep di rumah anjar. Soalnya, emang kita itu udah biasa touring tapi sekedar jawa-barat aja. Sebenernya sih yakin nggak yakin mau touring jawa-tengah, tapi akhirnya sepakat sekitar dua mingguan lagi bakalan touring. Soalnya mumpung lagi libur semesteran.

1 minggu sebelum hari -H, ini udah fix lah nggak jadi, soalnya pada enggak mau korbanin motor kita untuk perjalanan jauh. Sebenerya dari kita bertiga pada punya motor masing-masing sih, tapi entah kenapa temen gue, saba tiba-tiba sms, "cong ayo cong, kita touring ke jateng pake motor gue," ya gue kaget dan pas nanya kata dia serius. Akhirnya rencana muterin jateng bakalan jadi nih. Pas hari itu juga gue tanya si Anjar bisa nggak muter-muter jateng, katanya bisa, abis itu gue juga tanya temen gue yang disemarang mau nggak touring jateng, katanya mau. "Alhamdulillah".

Jadi, gue naik motor sama saba dari Bekasi ke semarang dulu, nah si Anjar naik kereta dari Bekasi - Semarang dan ketemuan disana. Disana, nanti Anjar bakalan naik motor sama temen SMA kita, namanya Ibnu. H-1, Saba samperin gue, dia tiba-tiba ajakin jalan ke puncak. Jujur, disini gue dongkol abis, soalnya besok bakal pergi sejauh 400KM lebih tapi dia masih ajakin jalan ke puncak. Gue awalnya mau jalan2, tapi bilang jangan ke puncak akhirnya gue ngikut dia jalan-jalan, dan kesel gue makin menjadi-jadi karena jadi ke puncak beneran. Yang bikin gue makin kesel, kita cuma numpan Shalat Ashar di Attawun terus balik lagi. Nah, disini lah gue pesenin tiket kereta Anjar lewat online, Alhamdulillahnya masih ada tiket kereta ekonomi untuk H-2. Kok H-2? soalnya gue berangkat rabu, Anjar berangkat kamis.

Hari H, 30 Januari 13. Saba jemput gue jam 2an siang kalo nggak salah. Nah, disini gue sempet ke rumah Anjar dulu, pamit sama anjar dan susun rencana ketemuan di semarang. Disini kita udah bawa tas gede-gede, tapi di taro luar, diem-diem karena takut ketauan sama Ibunya Anjar. Setelah pamitan, gue chaw deh. Sebenernya gue nggak habis pikir kenapa berangkat jam 2 siang, soalnya gue inget banget, Saba ajakin gue naik motor itu katanya biar bisa foto-foto di pantai soalnya kan lewat pantura, kalo udah berangkat siang pasti kan bakalan malem diperjalanan yang ada pantainya.

Nah disini kita jalan-jalan deh, Saba yang pertama kali kendarain motornya. Oh iya, motor Saba waktu itu yang dipake tuh Vega-R. Perjanjiannya, sekitar 100KM kita gantian bawa motor, Saba waktu itu bawa dari bekasi - indramayu (kalo nggak salah, soalnya gatau nama tempatnya). Nah disini kami berenti solat dulu di sebuah masjid, masjidnya lumayan sepi, gede adem. Setelah itu, gue yang bawa dari Indramayu -  Cirebon.

Enggak terlalu capek sih soalnya kita juga udah biasa jalan-jalan jauh naik motor, ya terutama gue (nanti bakal gue ceritain perjalanan naik motor lainnya). Cuma, Saba waktu itu enak kendarain siang dan agak sepi. Gue kendarain motor tuh sekitar pukul 16.00, udah mulai rame dan salahnya gue pake helm yang agak gelep warna kacanya. Alhasil, agak ga terlalu keliatan pas malem. Nah, gawatnya pas udah mau masuk di daerah cirebon, ini ngelewatin sawah. Disini itu pas maghrib, disini gue ngga bisa buka kaca helm soalnya banyak binatang kecil. Jadi gue kendarain motor pake feeling dan bantuan lampu mobil atau motor depan.

Alhamdulillah, sampe di cirebon jam 18.30-an. Gue sama Saba makan dulu Nasi Jamblang di Jalan Jamblan, Cirebon. Gue sebagai kelahiran Cirb sih udah sering, tapi kasian saba belum pernah. Lagian juga kita berdua belum makan *curhat*. Tadinya, kita mau nginep di rumah saudara gue atau temennya saba dulu, tapi entah kenapa Saba bilang, "lanjut aja yuk no, kalo siang panas," Gue sih ayo-ayo aja, dan ga kepikiran rencana awal mau foto-foto di Pantura. Kalo udah malem gini, apa yang mau di foto coba -,-.

Kita perkirain sampe di Semarang itu jam 24.00-an. Chaw dari cirebon sampe 100 KM kemudian Saba yang bawa. Nah ini gue agak khawatir soalnya Saba itu agak kabur matanya kalo malem. Terlebih lagi, Saba kalo bawa motor itu gila, dia kaya punya nyawa 9. Berhenti di pombensin Losari jam 20-an, nah disini tadinya mau solat dulu tapi entah kenapa ngga jadi solat malah lanjut dan cuma isi bensin, numpang ke kamar kecil.

Alhasil, kayaknya Allah bener-bener ingetin kita. Pas di Pekalongan kita kecelakaan tepat di depan Pombensin. Alhamdulillah, Alhamdulillah. Kenapa gue malah bersyukur? soalnya pas kecelakaan dan keseret itu jatoh ke sebelah kiri bukan ke sebelah kanan, kalo ke sebelah kanan mungkin gue nggak nulis artikel ini.

Waktu itu, gue udah berkali-kali malah berpuluh-puluh kali bilang, "awas ba, hati-hati ba, nyantai bai, jangan ngebut-ngebut ba," tapi ya gitu karena Saba udah Dewa naik motornya, jadi gue didiemin aja. Nah, ceritanya tuh Saba mau nyalip truk pembawa tangki bbm tapi jalannya tuh emang lagi kerikil-kerikilan gitu, dia udah ngebut banget-banget terus ternyata jalan di sebelah kirinya abis, ada jalan jelek alhasil nggak seimbang dan jatoh keseret.

Pas awal-awal, gue bener-bener runyam banget, semuanya kerasa gelep, kepala pusing banget nggak kuat diri dan ngeliat sekitar tapi nggak sadar dimana dan ada apa. Tapi alhamdulillah itu cuma semenitan. Terus orang-orang pada dateng nolongin, rame deh disitu sampe lumayan macet. Alhamdulillah lagi, ini di depan pombensin. Nah disini gue kesel lagi deh sama Saba karena ngga bisa diomongin untuk nyantai bawanya, terus juga dia ninggalin gue duluan. Gue panik tuh soalnya cari-cariin Saba ngga ketemu.

Nah disini, di mushola pombensin kita diem dulu, istirahat. Terus mikir, kayanya emang disuruh solat dulu deh. Apalagi tadi belum solat maghrib juga. Abis ngejamak solat kita bingung mau lanjut atau disini dulu. Saba tangannya keseleo, gue sih cuma perih-perih aja soalnya luka doang nggak keseleo. Akhirnya, kita sepakat lanjut ke Semarang dan gue yang bawa motornya walaupun belum jadwalnya gue kendarain motor.

Nah disini bawa motor Saba tuh agak ribet, soalnya stangnya miring kekiri, jadi bener-bener susah kendarainnya. Waktu kecelakaan itu sekitar jam 22.00-an kalo nggak salah dan kita istirahat di pombensin sampe jam 23.00-an. Sejam perjalanan, entah ada dimana istirahat lagi di alfamart. Mantap. Muka item semua, pas di bersihin pake tisu basah sampe 3 tisu basah berubah jadi item.

Nah, disini luka gue mulai kerasa perih banget. Soalnya, gue ada luka di kaki dan itu tepat banget dengan batesan celana gue, jadi kerasa sakit. Cuma ngerasa tanggung dan bener-bener pengen cepet sampe Semarang biar bisa istirahat. Akhirnya kita ralat dari seharusnya sampe jam 12 malem, jadi jam 3 malem sampe di Semarang. Pantura malam hari tuh bener-bener wawh banget ya, apalagi naik motor. Banyak truk dan bis malem, udah gitu cepet-cepet banget.

Waktu itu, ada bis yang bener-bener ngeselin abis, jadi ceritanya gue lagi balap truk, nah di belakang ada bis. Bisnya mau balap truk sama gue, cuma gue udah keburu ambil posisi kanan balap truk, bisnya nggak terima klasonin terus (klakson panjang), nah abis gue balap truk gue langsung ambil kiri tuh, eh gue kira selesai, tapi nyatanya bis nya gak terima, dia mepetin gue, mepet banget. Kalo gue nggak seimbang dan kaget bisa aja jatoh atau malah keserempet tuh bis. Sumpah, kaget dan takut aja soalnya masih jauh dari Semarang. Ini kejadinnya di daerah Batang.

Entah kenapa, gue malah kaya Saba bawa motornya, malah jadi cepet kendarain motor setelah kejadian bis tadi. Bener-bener pengen cepet sampe Semarang. Dijalan, Saba sibuk nanyain nomor HP temen-temen gue yang di Semarang, soalnya siapa yang masih bangun tengah malem gini. Temen gue Ibnu yang bakal touring bareng kita nanti lg nggak ada dikosan. Alhamdulillah, waktu itu lagi el-clasico dan ada Liverpool vs Arsenal, jadi seenngaknya banyak lah yang belum tidur. Akhirnya, temen gue Angga bilang nggak papa nginep dikosannya. Dia mau nonton Liverpool katanya, eh salahnya sih waktu itu gue lagi pake jaket MU, takutnya gue nggak diijinin nginep lagi :p

Nah, jam 01.00-an, berhenti di daerah apa lupa, setelah lewatin batang pokoknya. Di pombensin, untuk makan roti, ke kamar kecil dan isi bensin. Di pombensin ini lumayan rame walaupun tengah malem, banyak orang yang nginep juga disini. Cuma istirahat 10 menitan terus chaw lagi ke Semarang. Sejam perjalanan, Alhamdulillah nemu tulisan "Selamat Datang di Semarang" ya gue tau sih, ini masih ujungnya banget Semarang masih jauh dengan tempat temen gue daerah Tembalang.

Walaupun gue udah berkali-kali ke Semarang dan Saba kalo mudik ke Semarang, gue bener2 buta perjalanan ke Tembalang. Nanya ke tukang Ojek, udah dijelasin tuh ribet-ribet tapi nggak terlalu ngerti, dia bilang mau anterin tapi bayar 50 ribu. Sayang-sayang uang, akhirnya kita cari sendiri jalanannya. Yang gue inget, kalo ke Tembalang itu cari aja jalan ke Yogyakarta. yaudah ikutin jalan kesana, eh ternyata bener, sampe deh di Tembalang jam 3an pagi. Disana nunggu di pombensin Tembalang, terus dijemput sama Angga. Dia dan temen2nya pada belum tdr nonton el-clasico. Gue sebenernya mau nonton, cuma nggak enak aja terus lagian udah capek banget. Ohya, di kamar temen gue ini bener-bener ngerasa nggak enak aja, soalnya dikamarnya tuh banyak poster tentang Liverpool hehe, sedangkan gue pake jaket MU hehe.

Alhasil, gue sama Saba memilih tidur aja.
ini cerita perjalanan gue touring ke Jawa tengah di hari pertama.